RSS

[Info] TERAPI ALAM – Mengobati Jerawat dengan Cara Alami

18 Jan

Jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang biasa ditemukan di semua kalangan, terutama remaja. Penyebabnya antara lain faktor keturunan, ketidakseimbangan hormon, bakteri, tekanan psikologis, dan cuaca.
Umumnya jerawat muncul pada masa remaja, tapi tidak jarang orang dewasa yang mengalaminya. Bagi kaum perempuan jerawat bisa muncul apabila datang haid atau hamil dan bisa muncul di bagian tubuh mana saja, tidak hanya di wajah. Selain itu alergi terhadap obat tertentu juga dapat merangsang tumbuhnya jerawat.
Munculnya jerawat juga sering dikaitkan dengan konsumsi makanan tertentu seperti kacang-kacangan, cokelat, atau goreng-gorengan. Meski demikian belum ada hasil penelitian yang menguatkan dugaan ini.
Semua tipe jerawat —baik komedo, jerawat biasa, maupun jerawat batu— memang sangat mengganggu. Namun cara-cara berikut ini dapat dilakukan sendiri guna mencegah maupun mengobati jerawat. Bahan-bahan berasal dari sekitar kita dengan cara yang tidak sulit dan menyita waktu.

Cuci Muka

Kulit wajah yang berminyak atau wajah yang mempunyai kecenderungan muncul jerawat harus dibersihkan dua kali sehari. Sangat dianjurkan mencuci muka dengan pembersih yang PH-nya sedikit asam untuk menjaga kebersihan wajah yang berjerawat.
Air seduhan 7-10 lembar daun sirih (Piper betle) mujarab untuk mematikan bakteri yang menyebabkan jerawat sehingga dapat digunakan untuk mencuci muka sebanyak dua atau tiga kali sehari.
Menurut pengalaman beberapa orang, membasuh wajah dengan air es juga dapat mengurangi timbulnya jerawat. Hal ini dipercaya dapat mengurangi minyak pada wajah.
Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi), yang ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit air garam juga dapat digunakan untuk membersihkan wajah berjerawat. Menurut beberapa ahli kulit, belimbing wuluh bersifat sejuk, dan berkhasiat sebagai antiradang dan astrigen (memperkecil pori-pori kulit wajah).
Wajah berjerawat juga lebih segar jika diuapi dengan seduhan satu bungkus daun teh. Sebungkus kecil daun teh yang diseduh dengan air panas baru mendidih, lalu uapkan pada wajah yang berjerawat.

Masker

  • Buah mengkudu dapat dimanfaatkan sebagai masker pemulus wajah. Masker mengkudu tidak hanya mengatasi jerawat, panu, kulit yang keriput dan kering pun hilang lenyap, otot-otot muka menjadi lebih relaks.
  • Jeruk nipis (Citrus aurantium) yang dioleskan pada wajah malam hari sebelum tidur dan baru dibersihkan pada pagi harinya, dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal yang sama juga dapat dilakukan dengan buah tomat (Solanum lycopersicum).
  • Masker lain yang dapat digunakan mengatasi jerawat adalah masker temulawak (Curcuma xanthorizza). Kompres wajah dengan air es setelah menggunakan masker akan membantu meningkatkan hasilnya.
  • Daun dewa dan mahkota dewa juga berkhasiat sebagai obat jerawat. Tanaman lain yang dapat dimanfaatkan sebagai masker antijerawat adalah tumbukan pucuk daun jambu batu (Psidium guajava). Lidah buaya (Aloe vera) yang terkenal dapat menghaluskan kulit juga dapat digunakan sebagai masker penghilang jerawat.
  • Kentang (Potato solanum tuberosum) juga dapat dikompreskan pada jerawat. Potongan kentang yang diiris tipis-tipis ditempelkan pada kulit yang meradang karena jerawat hingga warna kentang keabu-abuan dan kering.

Sedangkan flek-flek hitam di wajah bekas jerawat dapat dihilangkan dengan masker jagung (Zea mays) muda atau bengkoang. Parutan jagung muda atau bengkoang dioleskan ke bagian-bagian yang hitam lalu diamkan sampai mengering.

Jerawat jenis komedo dapat dihilangkan dengan masker peel off dari gelatin buatan sendiri. Bahan-bahannya:

  • satu sendok makan bubuk gelatin yang bisa dibeli di pasar swalayan, dua sendok makan susu cair dingin, dan satu butir putih telur.
  • Susu cair dingin dan gelatin dicampur lalu dipanaskan, jaga jangan sampai menggumpal. Setelah leleh, dinginkan sampai hangat, lalu campurkan dengan putih telur. Oleskan adonan tadi ke wajah, kecuali seputar mata dan bibir.

(nat – Sinar Harapan 2003)

About these ads
 
181 Comments

Posted by on January 18, 2008 in Info

 

Tags: , , ,

181 responses to “[Info] TERAPI ALAM – Mengobati Jerawat dengan Cara Alami

  1. Encyblogedia

    January 20, 2008 at 2:31 am

    Maturnuwun mbak… aku yo akeh keluhan mengenai jerawat je, semoga resepmu iki manjur

     
    • vocalis

      December 4, 2010 at 12:21 pm

      iyoooo.
      oke .

      wis mugo” ndang ilang yoo jrawat’e.
      ammmienn

       
  2. Atik Susana

    February 16, 2008 at 2:03 pm

    woi nice BGT Tips dan Trick nya………….amun moga bermanfaat deh buat yang lain, lagi jerawatan uiiiiee,….

     
    • indra

      January 30, 2010 at 5:56 pm

      yach moga-moga aja aku sembuh dari jerawatku yg slalu menggaguku. amin. . .

       
      • ermy

        February 21, 2011 at 10:21 am

        amiiiin….

         
  3. edha

    June 26, 2008 at 12:32 pm

    Makasi buat tipsnya… mudah-mudahan bermanfaat buat semua..

     
  4. wella

    September 6, 2008 at 10:03 am

    makasih semoga saya dapat menghilangkan jerawat ini seperti yang diharapakan

     
  5. thinie

    September 11, 2008 at 3:03 pm

    knpa sich lw aq pakai kentang muka kayak tergores gitu?
    and jerawat qu malah keluar yang bernanah………..!!!!

     
    • yummy in your tummy

      March 3, 2012 at 12:16 am

      mungkin kentang bersifat mengeluarkan kotoran dr kulit, jd keluar nanahnya deh,
      kan justru kalo keluar nanahnya berarti jerawat hampir smbuh….
      smg cpt smbuh y!!
      gue yakin, yang alami jauh lbh aman meski agak repot…

       
  6. thinie

    September 11, 2008 at 3:08 pm

    gimana ya solusi nya,supaya menghilangkan jerawat
    yang bernanah dan juga berminyak?
    pi aq pengen cobalah pake jeruk and mengkudu………… ma kasih ya……… moga apa yang kmu bilang itu benar2..menghilang kan jerawat qu….

     
    • yudhi

      June 12, 2010 at 8:08 am

      ya. kamu hrus coba dlu, au doain moga cpt cmbuh. by: yudi

       
  7. adly

    October 4, 2008 at 5:16 pm

    makasih ya ats informasinya!!!!!!!!
    aku da pake berbagai macam produk tapi hasil nya nihil,
    and aku mw coba tips dari kamu……………

    tahnk bagt

    mudah2 an berhasil

     
  8. Kania

    October 27, 2008 at 9:47 pm

    kalo yang udah aku praktekin:
    3 sendok makan madu dicampur dengan 1 sendok makan kayu manis. olesin ke jerawat pada malam hari, dibawa tidur, dan dicuci pagi harinya dengan air hangat. kalo dilakuin tiap malam, jerawatnya jadi hilang loh!

     
  9. fajar

    October 30, 2008 at 3:21 am

    aku punya tibs nie..

    klo kmu2 pnya jerawat jangan pernah menyentuhnya sekalipun dengan tangan. klo mau cuci muka usahain di semprot aja trus baru dilap pake handuk. klo mau di kasi salep\gel\obat lainnya mendingan minta orang lain untuk ngolesin dari pada harus nyentuh jerawat.
    selain itu hindari cermin..!!!!
    jangan ngaca karena hanya membuat kamu STRESS..
    dan hal yang paling penting BERFIKIR POSITIF…!!

    jadi pada intinya anggaplah dirimu itu tidak memiliki jerawat.

     
    • ina

      November 11, 2009 at 11:42 am

      tip’s yang bagus,tapi klu i mending mandi pake air yang mengandung kadar belerang rendah nd cuci muka pula jd kuman2nya akan mati dah.

       
    • yuyu

      December 15, 2011 at 10:36 am

      tapi kalau diolesin dari tangan orang lain kan sama aj mas diolesin pake tangan…….jerawat aku nih anehhhh. kadang-kadang hilang, kadang-kadang menyebar ke semua bagian mukaku….tyuz gmana dong solusinya…..

       
  10. ZAHRA

    November 5, 2008 at 1:44 pm

    aku emng lagi stess bgt karna lg jerawatan,
    aku mulai jerawat sejak kul, sejak mulai pinter dandan,
    di situ ampe tamy kul , jerawat ku gak gak bisa ilang2, BT dech

    akui jg udah coba masker alami seperti info di atas tapi gk ngefek tuh,
    tapi mungkin karna stress jg kale’ ya

    tapi untuk coba belimbing wuluh lom pernah sich, ntar dech aq coba, insyallah bisa
    thanks yaaaaa

     
  11. tiwi

    November 5, 2008 at 3:02 pm

    biar jrwt gA balik2 lg stlh diobatin gmn cra y?

     
  12. regina

    November 25, 2008 at 9:40 am

    q udah nyobain tips dari mbak…….
    tp masih belum sembuh……….
    gmn ya caranya?????????
    biar jerawat q ilang???

     
  13. Ida Yani

    February 5, 2009 at 7:31 pm

    Terima kasih atas informasi dan tipsnya akan saya coba nanti,semoga informasi ini berguna bagi saya thank”s………!!!!!!!!!!!!

     
  14. tony

    February 12, 2009 at 11:40 am

    aku ada jerawat yang seringkali mulai dari kecil sampai memerah besar aku jd super bt wah pokokke ancur. gimana tuh ?

     
  15. shinta

    February 15, 2009 at 4:10 pm

    mksh za mba’ 4tips n’ tricknya

     
  16. Yetti Suci Budihastuti

    February 16, 2009 at 12:17 pm

    @tony

    Mungkin bisa diatasi dengan menggunakan getah dari Bawang Putih, oleskan pada jerawat (lebih baik digunakan pada saat mau tidur malam), pagi dibasuh.
    Semoga bisa membantu

     
  17. SheSiL

    February 23, 2009 at 5:02 pm

    Uhh,,BT !! Bgt ! :(
    ad jeRawatt !!
    Aq jdii mALu N gx pD branGKAt skoL. . .

    GmNa doNk cra iLANg’n ny ? KciH tao yc. . .

    Tp yg bAhan’y mUDh d tmUin d ckitar kta ajaa

     
  18. Lokakarya Q-RAK

    March 8, 2009 at 11:35 am

    Sekedar bagi info, bila sudah coba berbagai macam terapi dan obat2an. Tapi masih tetap muncul jerawat. Biang keladinya ada di sistem pencernaan yang sensi. Untuk itu jaga makan, kurangi/stop konsumsi yg manis2, seperti donut, kue2, minuman softdrink, makanan bersantan. Perbanyak buah2an dan sayuran. Lakukan detox di saluran pencernaan, dg rutin tiap hari BAB. Selamat mencoba.

    ============================================
    Menjadi penyembuh dan tingkatkan Aura Rejeki dg metode Q-RAK
    http://www.qrak-atomic.blogspot.com

     
  19. Diah ...

    March 28, 2009 at 9:46 am

    aduh ……… Aq bngung bgt nieh ????
    Q msh SMP tp dah jerawatan ….
    Malu bgt,,, jd gk PD gitoh !!!!
    Gmna y … cra ngatasin’a ???

     
    • ina

      November 11, 2009 at 11:45 am

      jangan minder dg jerawat,tk ada jerawat bagai malam tanpa bintang he…

       
      • RIZQ AL-HABSYI

        November 29, 2009 at 11:25 pm

        banyaki berdo’a kepada ALLAH SWT.and bacakan surat AL-Fatihah 7 kali lalu tiupkan ke air dan cucikan air tersebut ke wajah.

         
  20. Irfan

    April 4, 2009 at 7:12 am

    semoga aja berhasil… ada waktu mempercepat terbunuhnya jerawat ga mbak?

     
    • Frank

      February 22, 2010 at 1:44 pm

      Pastinya ada yaitu dengan cara membakar jerawat tersebut, dijamin jerawat2 itu akan cepat terbunuh…….. Hehehehehehehe……………

       
  21. roshi

    April 7, 2009 at 10:17 am

    ah jerawat mank nyebalin……..so rus extra ati2 br trhndr….tips d atas jitu lho….!!!!!

     
  22. zakki

    April 18, 2009 at 2:32 pm

    mksih za mbak.. tak coba dlu..

     
  23. 1rcHaMdy

    April 21, 2009 at 4:00 pm

    Wah berguna bgt nih… Thanks…

     
  24. kuis

    April 28, 2009 at 12:30 pm

    hai mkasih ya aku bkal nyoba cara2 tw supaya jerawt ku hilang tp ku coba pke ponds tapi hasilna nihill yang da duit aku malah habis bwt ngilangan ni jerawat

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      August 9, 2009 at 8:48 am

      @kuis:
      iyah… makasih kembali…
      Monggo dicoba dulu… Semoga saja manjur…

       
  25. doni

    May 7, 2009 at 9:46 pm

    haduhhh…mkasihh yh ats infonya..

    klo bisa,,tlong kaasi tau aku donk,,,gmn cara bedaiin ssbun yg bgus bwat muka…!

    PH2?
    gmn cara menyesuaikannya?

    tpi,,mkasi yh///

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      August 9, 2009 at 8:47 am

      @doni:
      Mohon maaf sebelumnya, saya belum bisa memberikan informasi mengenai sabun yang bagus untuk muka itu yang bagaimana.
      Soalnya, tergantung kecocokan kulit muka untuk hal yang satu ini. Ada orang yang cocok dengan sabun muka merk A, tetapi orang lain ternyata tidak cocok.

      Terimakasih…

      *Jika saya sudah mendapatkan informasi mengenai hal tersebut, InsyaAllah akan segera saya informasikan.

       
  26. Heru

    June 17, 2009 at 7:15 pm

    Waduh. . . Q dah 1thn stngh ngobtn jerwt tp g kunjung hlang. . Ilang bntar. . 1bln kmudian tmbuh lgi. . . Huh. . Cpek. . Cra jitu’y pa’an ya. . .

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      August 9, 2009 at 8:44 am

      @Heru:
      Monggo dicoba apa yang tertulis di atas… Jika ternyata belum manjur… mungkin perlu diperhatikan makanan yang dikonsumsi.
      Mungkin saja saudara Heru alergi terhadap suatu jenis makanan. Misalnya saya sendiri, saya ternyata alergi dengan telur. Jadi, saya mengurangi konsumsi telur.

       
  27. BossGratis

    June 18, 2009 at 1:05 pm

    Panjang ya….

    Artikelnya.

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      August 9, 2009 at 8:41 am

      @BossGratis:

      Hehe… iyah, panjang artikelnya… Tapi, semoga saja bermanfaat untuk yang membacanya…

       
  28. jackie

    August 9, 2009 at 4:39 am

    apa jgung,bngkoang,dsb bner bsa nglngin jrawat????SYA PKAI KOK GATEL-GATEL????atau kulit sya td cocok???tolong pnjlasannya mr jarawat???thanks

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      August 9, 2009 at 8:40 am

      @jackie:
      Mohon maaf sebelumnya, Bengkuang dan Jagung (seperti dituliskan di atas) berguna untuk menghilangkan noda-noda bekas jerawat/flek-fleknya… bukan jerawatnya.
      Mengenai kemanjuran/keberhasilan bahan-bahan tersebut di atas untuk menghilangkan jerawat, tergantung dari kesabaran kita juga… dan juga pada kecocokan kita terhadap bahan-bahan tersbut di atas atau tidak…
      Jadi, mungkin, saudara jackie kurang cocok dengan bahan-bahan tersebut di atas.

      CMIIW yach…

      Terimakasih…

       
  29. ocha

    August 25, 2009 at 9:37 pm

    ntar dech q cb,, mg tipsx ok ya…
    tenkyu nieh sblmx…doain yach biar jrwt q pd ilang,jd q bs pede abiz……..

     
  30. ocha

    August 25, 2009 at 9:39 pm

    ntar dech q cb,, mg tipsx ok ya…
    tenkyu nieh sblmx…doain yach biar jrwt q pd ilang,jd q bs pede abiz……..
    tp apa bs ngilangin bks jrwt yg udh ky brlobang gt mba ???

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      August 26, 2009 at 8:55 am

      @ocha:
      Apa maksudnya ini bekas jerawat yang bekasnya berlubang-lubang?
      Kalau seperti itu, setahu saya, tidak bisa dihilangkan dengan bahan-bahan seperti di atas. Berdasarkan informasi yang saya peroleh, hanya bisa “diperbaiki” dengan (kalau tidak salah) namanya microdermabrasi.

       
  31. BUdi

    August 26, 2009 at 4:17 pm

    Huuuh, tapi uk jerawatnya gak ilang ilang malah tambah buanyak,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh sebel

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      August 27, 2009 at 10:24 am

      @BUdi:

      Sebelumnya, saya ucapkan terimakasih karena sudah berkunjung ke blog saya ini.
      Ehm… Saya tidak bisa memberikan saran bagaimana, tapi… lebih baik BUdi konsultasikan ke dokter kulit saja. Dan juga, jangan lupa memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Karena, makanan yang dikonsumsi juga sedikit banyak berpengaruh pada keadaan kulit (dalam hal ini jerawat – ye).
      Bisa jadi BUdi alergi terhadap salah satu makanan…

      CMIIW…

      Semoga bisa sedikit membantu…

       
  32. becki

    August 27, 2009 at 11:07 am

    thankz ats tips yg udh d brikan.
    mga ja dg cra ne jrawt yg da d muka aq bsa hlg smw.

     
  33. lestari

    October 1, 2009 at 8:01 am

    hemmmmmmmm……………..makk nyosssssssssssssss….!!!!!!!!!

     
  34. retno safitri

    October 25, 2009 at 12:53 pm

    ihc q jdi g pd dech ngpa2in, jrawat di hdung q slalu nmpak, low 5u dicites skit bngtz…………………..
    g5na sich cra nglangnnya, tpi cra yg alami ja yach, thank’s

     
  35. tyas

    November 15, 2009 at 1:22 pm

    mba’,, kulit wajah saya dulunya bersih…
    tapi setelah saya mencoba sabun2 untuk muka’,, hasilnya malah buruk mba’,, pipi dan kening jadi banyak jerawatnya… banyak flek2 hitamya lagi… n jerawatnya besar2 mba’… bikin muka saya ga rata… risih.. gmana menurut mba’???

     
  36. arum

    November 26, 2009 at 2:37 pm

    q jg px bxk jrwt………
    makanya sking malunya tiap berangkat kuliah helm selalu aku pakai xmk kelas,coz aq minder sm ank-ank yg lain………..mg ja cr diatas manjur yowh

     
  37. arum

    November 26, 2009 at 2:40 pm

    amien……………mg ja resepnya cocok

     
  38. HARAPAN CEMERLANG STUDIO CREATIVE

    December 1, 2009 at 6:49 pm

    aduw q pke masker mengkudu ,,wajah jd tmbh penuh jerawat,,,,huft

     
  39. setjumirahya

    January 10, 2010 at 8:20 pm

    remukkkkkkkkkkk

     
  40. rarebali

    January 21, 2010 at 11:54 am

    makasi infonya…berharap dapat manjur untuk jerawat2 ini.. :D

     
  41. Agunk

    February 5, 2010 at 10:33 pm

    kal0 jerawat’y kecil2 tapi banyak.. Gimana mbak cara ngilangin jerawat’y..?

     
  42. rya szan

    February 6, 2010 at 4:09 pm

    okelah kalaw begetow,,,q bakalan nyobak tips bwt ngilangin jerawat,,mudah-mudahan sukses ya…..!!!!!!!!!!!

     
  43. nurhidayati

    February 7, 2010 at 12:39 pm

    bntu akk, mslh ne bwt kkuh jd minder n gag pede ngpa2in….
    malu klo mo klwr rmh…
    jerawt kkuh mkn lama mkn meradang…
    apa na yg slh lagi ne??????????????

     
  44. nurhidayati

    February 7, 2010 at 12:40 pm

    akk mohon ksh akk cara yg akurat ntuk basmi ne pnyakit….

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      February 18, 2010 at 2:54 pm

      @Nurhidayati:

      Tips-tips/rese-resep di atas coba digunakan. Dan jangan lupa, makanan yang dimakan juga perlu diperhatikan lho. Apalagi kalau ada alergi terhadap suatu jenis makanan tertentu.
      Semoga bisa membantu :)

       
  45. nani sumarni

    February 9, 2010 at 4:39 pm

    gini aku juga jerawatan gara” pake pelembab
    tapi bekas jerawatnya kok merah ?
    trus aku juga pake krim dari doktor
    alhamdulillah udh mendingan d keninganya
    tapi d pipinya ko masi ada bekas merahnya ?
    aduh mana saya mau ikutan ajang kontes modeling.
    tolong dong bantu ok :)

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      February 18, 2010 at 2:51 pm

      @Nani Sumarni:

      Resep-resep di atas bisa coba digunakan…
      Semoga bisa membantu. :)

       
  46. Rosita

    February 12, 2010 at 10:04 pm

    aku punya saran nihh..ak juga jerawatan dan bahkan uda coba obat dr murah mpe mahal tapi makin parah..mpe akhirnya saya stress bgt…mencari tau trik2 penyembuhan melalui bang GOOGLE…

    ak mencoba menyukai sayur2an, dan setiap hari ak makan sayur2an seperti sayur keriting, brokoli, pho cai, bayam, kangkung, kailan, dll…pkke sayuran hijau yang segar…dan seriap hari ak makan buah apel dan pear..
    sebisa mungkin cuci muka pake aer hangat sebanyak 3x sehari dengan sabun…dan berikutnya mengoleskan caladine lotion (ada gambar ibu gendong anak, warna cairan pink) ke muka siang maupun malam…

    setelah aku coba lumayan berhasil…skrg jerawat uda gag numbuh lagi dan tinggal menghilangkan bekas2 jerawat aja…ak masih belum menemukan cara yang efektif…namun bekas jerawat saya sudah lebih pudar dibandingkan sebelumnya….

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      February 18, 2010 at 11:52 am

      @Rosita:

      Iya… selain perawatan dari luar, kita juga harus memperhatikan perawatan dari dalam. karena, makanan yang kita makan pun membawa pengaruh juga untuk wajah. apalagi jika ada alergi :)

      terimakasih yach buat tips dan informasinya.

       
  47. dian

    February 19, 2010 at 6:02 pm

    jerawat aku kyknya tumbuh karna aku sewaktu cuci muka terlalu keras tekanan tangan ku..
    aku juga ngk pernah tahan tuk ngk mencet jrawat.
    krg jeratku tgl yg kcil2 ja..
    tapi yg bikin aku pusing..
    gmana ya caranya menghilangkan bekas jerawat yg dah ri 5thun yg lalu,,,
    oya thanx yaw ats tips na di ats.. mga ja berhasil…

     
  48. Ayu

    March 12, 2010 at 12:07 pm

    Mudah2 an berhasl. Q mencoba

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      March 23, 2010 at 12:48 pm

      @Ayu:
      InsyaAllah… silakan dicoba. Semoga berhasil…
      Jangan lupa, selain dari luar, juga harus dari dalam. :)

       
  49. aakuu ajja

    March 20, 2010 at 12:22 pm

    ..hhadduu .sjjak mzzuk sma inni jrwat ak slalu tmbuh dmna2 trutama bag pipi ak . . jddi enggak PD mau kmana2.,bantooin doonk. .

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      March 23, 2010 at 12:50 pm

      @aaku ajja:
      Ehm… pasti karena lagi puber2-nya tuch… :)
      “Resep2″ di atas bisa dicoba, insyaAllah membawa hasil. Tapi, jangan lupa juga yg dari dalam yach… Makanan yang masuk ke tubuh, siapa tahu ada yg alergi :)

       
  50. aakuu ajja

    March 20, 2010 at 12:26 pm

    ..hhadduu .mallu ak dngan jrawat akinnie. . .
    .. banntoe ak. .
    ..k udda cobba prawatan appa ajja tetep ajja gag hlang2 :((

     
  51. anisa

    March 24, 2010 at 1:49 pm

    ya ampun pusing bngt tentang masalah jerawat yg kecil2 tpi bnyk itu cara ngilangin’a di mna y mbak , aku ampe sedih bngt di katain trs ma tmn dah klo skl pake topi trs buat nutupin trs gx PD soal’a

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      March 30, 2010 at 11:04 pm

      @anisa:

      Ehm… sama dengan yang aku alami. Tapi, resep di atas bisa dicoba. InsyaAllah kalau telaten akan membuahkan hasil :)
      Jangan lupa juga diperhatikan makanan yang masuk ke tubuh ya… Soalnya, bisa jadi ada beberapa jenis makanan yang menyebabkan alergi. Misalnya telur.
      Semoga bisa membantu… :)

       
  52. gita

    April 2, 2010 at 7:37 pm

    mtur thankssss…. tak coba.ne dulu yowww

     
  53. Nina

    April 15, 2010 at 2:22 pm

    pernah nyoba pake kentang n bawang putih.. klo matiin jerawat cepetan pake bawang putih sih, tapi lebih enakan pake kentang… ga panas n ga perih, udah gitu minyak muka juga berkurang bgt looh..

    ** mo yg asik2 n hot?? visit http://m.rujakasik.com **

     
  54. TOM

    April 17, 2010 at 3:58 am

    SEX Merupakan salah satu terapi untuk menghilangkan jerawat… emang terapi yg sulit buat yg belum nikah… tp gak ada salah nya dicoba… hehehehe…

     
  55. nayla

    April 17, 2010 at 9:18 pm

    pakai ACHNOL, 3 hari jerawat lentap !

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      May 10, 2010 at 5:55 pm

      @Nayla:

      Iya… pakai ACNOL juga bisa… aku juga kadang-kadang kalau lagi pingin cepet sembuhnya, make ACNOL juga.
      TFS yach…

       
      • vina

        February 15, 2011 at 5:53 am

        ACNOL tu apaan ya mba?bentuknya kyk gmn?

        bs aq beli d apotek2 kah?
        nuwun

         
      • Yetti Suci Budihastuti

        February 15, 2011 at 1:39 pm

        @vina:
        ACNOL itu bentuk lotion (cair) untuk mengobati jerawat. Dijual dalam botol plastik kecil.
        Bisa dibeli di apotik2 koq… Harganya juga tidak mahal. Kalau tidak salah harganya tidak sampai Rp 10rb…
        Sama2 :)

         
      • erna

        July 18, 2011 at 6:55 pm

        acnol apa ya ?

         
      • Yetti Suci Budihastuti

        July 18, 2011 at 8:46 pm

        @erna:

        Acnol itu semacam lotion obat jerawat, yang bisa didapat di apotek. Sifatnya mengeringkan jerawat.

         
  56. lembong

    April 26, 2010 at 5:28 pm

    makasih ya atas informasinya …
    aku akan mencoba <>

     
  57. lembong

    April 26, 2010 at 5:29 pm

    makasih ya informasinya <>

     
  58. gresya

    May 3, 2010 at 11:54 am

    mksih ats tips”. na. akn au cba,,,,

     
  59. anggi

    May 8, 2010 at 7:52 am

    makasih atas tip nya mudah mudahan aku embuh aku malu punya muka jerawatan aku jadi ga pede ktemu ama cw aku pengen coba pake tip alami dari kmu x lagi makacih yac

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      May 10, 2010 at 5:56 pm

      @Anggi:

      Iya… sama2… semoga kita sembuh ya jerawat2nya…
      (Aku juga sekarang lagi jerawatan nich :()

       
  60. sutikna

    May 12, 2010 at 9:39 pm

    Mbk. Q jrwtn mulai kls 2 sma amp skrg tpi g separah dulu, yg q herankn knp jerwtq low abis puasa bisa bersh gda yg tumbuh,kdg tumbuh kdg hilg dgn ndiriny thanks

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      May 17, 2010 at 11:26 am

      @Sutikna:

      Saya coba menjawab ya…
      Jerawat itu juga dipengaruhi oleh hormon dalam diri kita. jika hormon yang bersangkutan sedang dalam kondisi yang tinggi, bisa saja menyebabkan munculnya jerawat. Nah, hormon ini juga berhubungan dengan usia. Mungkin saja pada saat masih usia2 ABG, hormon tersebut sedang aktif2nya, jadi pada saat ABG itu jerawat “rajin” tumbuh. :D
      Dengan bertambahnya usia, bisa jadi hormon tersebut juga ikut berkurang, jadi bisa jadi juga jerawat jadi “sedikit” berkurang.
      Mengenai jerawat yang ga tumbuh pada saat puasa, bisa jadi ada makanan yang menyebabkan timbulnya jerawat (alergi atau pemicu). Sepertinya, perlu diperhatikan juga makanan2 tersebut.

      Semoga jawaban saya sedikit membantu ya…

      terimakasih.

       
  61. enie

    May 15, 2010 at 2:12 pm

    aku bru 3 bln ini jerawatan,,awal’y krena mcoba slh stu prduk kcntikan yg cukup terkenal,,klit saya jd lbih snsitiv,,pdhal sbelum’y saya tdk jrawatan dan klit sya tdk senstiv,,,apakah kulit saya bsa normal lg sperti semula???

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      May 19, 2010 at 12:57 pm

      @Enie:

      Saya coba mencawab yach…
      Bismillah…
      Begini, jika setelah menggunakan suatu produk (kosmetik) tertentu ternyata menimbulkan ketidakcocokan, maka sebaiknya memang dihentikan (sementara).
      Jika ternyata setelah menghentikan pemakaian produk tersebut jerawat berkurang/tidak muncul lagi, berarti memang Enie alergi/tidak cocok dengan produk tersebut.
      Untuk masalah bisa normal lagi atau tidak, tergantung keadaan kulit yang berjerawat itu, parah atau tidaknya. :)

      Semoga penjelasan saya ini sedikit membantu ya…

      terimakasih…

       
      • andik

        July 13, 2010 at 8:05 pm

        gmana sekarang jerawatx da hlang lom

         
  62. mumun

    May 16, 2010 at 4:40 pm

    semoga jerawat saya bisa sembuh berkat resep anda terima kasih thank you

     
  63. dea

    May 16, 2010 at 11:39 pm

    mau tanya.
    kalau cara menghilangkan jerawat batu itu gimana yh?

     
  64. novi

    May 30, 2010 at 2:49 pm

    thank’z taz informasi ny’ biz q dach pke bermacm obt gx da yg ber hsl satu pun mlh jdi tmbh prh!!!!
    semga dengn q mencba dri srn qmu jerwt ni bsa hlng…….

    skli lgi thank’z,,,,,,,,,,

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      June 3, 2010 at 8:40 pm

      @Novi:

      Iya… sama2… senang kalau bisa bantu… semoga jerawat2nya segera hilang… dan ga balik2 lagi ya…
      :)

       
  65. Danang Shuto Wijoyo

    June 2, 2010 at 9:17 pm

    Yah semoga jarwati jarwati q ni cepat musnah amin (._.)

     
  66. desriki ade putra

    June 9, 2010 at 12:51 pm

    sabun apa yang cocok untuk cerawat…….
    mudah2an jerawat nya segera hilang

     
  67. Rahmat

    June 12, 2010 at 9:27 pm

    tak coba dl ya……n’ mksh lho bwt tipsnya.
    aq dah gak thn dengan JERAWAT pa lgi aq dihina terus gr2 jerawatqu

     
  68. mutia

    June 20, 2010 at 7:21 pm

    makasi buat tips nya..
    lagi cemas juga nih.. 2minggu lagi mo merit.. tapi jerawat malah muncul.. ckckkckc

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      June 24, 2010 at 5:45 pm

      @Mutia:
      Sama-sama. Monggo dicoba… semoga berhasil ya mbak…
      BTW, selamat ya mbak… Barakallahu…
      Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrohmah…

       
  69. radit

    July 15, 2010 at 1:34 am

    klo blh tau sberapa ampuh obat yg djelaskan di atas???jerawat dr mulai SMA kls 2, smpe skarng, udh pke smua macam jerawat dr mulai capsul,salep,sabun,tradisional, moderen dll… tp tak kunjung ilang, ada ga obat tradisional yg cepet hilangin jerawat,,,klo pke yg kimia takut efek yaa…mohon pencerahan yaa, biar derita ini cepat berakhir..

    terima kasih^^

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      July 16, 2010 at 9:41 pm

      @radit:

      Seberapa ampuh obatnya itu, sebenarnya tergantung dari berbagai macam faktor. Salah satunya faktor seberapa parah juga jerawat yang dimiliki… Tapi, untuk lebih baiknya, dicoba saja resep2 tersebut dan tetap ber-positive thinking kalau jerawatnya pasti hilang… :)

       
  70. HASYA

    July 16, 2010 at 5:16 pm

    jerawat membandel tu gmn??
    truss da jerawat yang bandel tp lo udah nikah langsung sembuh,pengaruhnya????

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      July 16, 2010 at 9:40 pm

      @Hasya:

      Setelah menikah jerawat sembuh? Ehm… mungkin ini ada hubungannya dengan hormon ya… :D
      CMIIW

       
  71. andara

    August 9, 2010 at 8:15 pm

    kalau obat buat ngilangin bekas jrawat yg brlubang, pakai apa ya?

     
  72. lylaku

    August 9, 2010 at 9:24 pm

    smoga cra ni ampuh…
    dah gx than dgan jrwat ni.
    ni jrawat wal na dtang wktu Q klas 2 smp, wktu itu blan puasa maw lbaran.
    q ptong poni,
    and than….

    krna malu bnyak jrwat,
    smua fto Q edit pke pto shop.

     
    • devi

      February 27, 2011 at 9:11 pm

      bner kalo pake potoshop,,smua x perfect deh,,,hhehehetapi tetep aja nyata x tetep jerawatan

       
      • Yetti Suci Budihastuti

        March 1, 2011 at 8:48 am

        @devi:

        Iya… kalau menggunakan photoshop, yang tadinya ada/banyak jerawatnya, jadi bersih… sih… sih… :) –> untuk yang ingin hasil super duper instant :D

        Yang penting bagaimana mengobati jerawat itu. jadi harus sabar… :) InsyaAllah jerawat akan berkurang…

         
  73. Kasih

    August 15, 2010 at 9:53 pm

    Achnol itu apa y? Smcem salep jerawat gt?

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      August 16, 2010 at 3:18 pm

      @Kasih:
      Acnol… sebenarnya begitu tulisannya.
      Acnol itu adalah merk dagang dari obat jerawat, bentuknya lotion (cairan) yang dioleskan ke jerawat.

       
  74. hendy

    August 23, 2010 at 12:48 pm

    yg belimbing wuluh nya air garam nya brp banyak ?
    sebut kan lah
    1 liter keh ?

     
  75. Phany

    August 29, 2010 at 11:51 am

    Gimana si Ka,ngilangin jerawat?awaL’y dulu sya g berjerawat,tp.. wkt tuh sya coba2 FACIAL,sya Fkir dgn facial wjah sya akn Lbh Bagus,nyatanya????nah.. semenjak itu sya berjerawat,knpa ya… ka??? terus kira2 sya mesti g sih Facial lagi ataw ada cara lain tidak untuk menghilangkan jerawat sya????

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      September 15, 2010 at 2:30 pm

      @Phany:

      Facial itu bisa dibilang perlu ga perlu menurut saya. tergantung kebutuhan. tetapi, kalau untuk saya (karena muka saya berminyak dan berjerawat), maka saya bilang perlu.
      tetapi, pastikan dulu ya… Phany facial di tempat yang terpercaya. maksudnya, jangan asal facial. konsultasikan dulu dengan dokter kulit.
      insyaALLAH membantu…

       
    • euis

      April 20, 2011 at 8:13 pm

      wach ssama nich masalah nya kaya saya abis di facial bukan mlh bagus tp mlh acur,semenjak itu sy jadi ga mau facial lg……

       
  76. Ze2n

    September 6, 2010 at 10:26 pm

    Acnol dibeli di apotek ada ga?? Trus ngumungnya beli acnol gt?

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      September 14, 2010 at 3:14 pm

      @Ze2n:

      Iya… ACNOL dapat dibeli di toko-toko obat atau apotek terdekat :D
      Bilang saja “Mbak/Mas/Bu/Pak, beli ACNOL”… gitu… :D

       
  77. J-Rockstar

    October 10, 2010 at 8:02 pm

    ENTAR TA’ COBA, MOGA AJA JERAWAT N’ KOMEDO DI MUKA KU INI BISA ILANG…

     
  78. The Petarung

    November 2, 2010 at 5:21 pm

    akan saya coba tipsnya…
    terima kasih banyak :D

     
  79. alir

    December 22, 2010 at 7:17 pm

    hadoooh,..
    gara2 q pake sabun cair bwt tangan eeeeh, q salah pake ,. malah q pake wat muka,. alhasil mukaku bnyak bintik2 putih yg tumbuh lama2 bntik2 tuh jadi jerawat…
    sdikit2 lama2 mkin banyak deh tuh jerawat.
    menyebalkan sangat!!!

    eh mba, btw kulit reptil (kadal cntoh.a)kata.a bisa manjur bwt mslah kulit.
    bener gg tuh..? he
    mksih

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      December 23, 2010 at 12:52 pm

      @alir:

      Berjerawat memang sangat mengganggu ya… *soalnya aku juga :D*

      Ehm… mengenai kulit reptil untuk masalah kulit, pernah dengar sich… tapi belum tahu kebenarannya…

       
  80. a swaranas

    January 21, 2011 at 7:26 pm

    cara ngatasin NODA HITAM bekas jerawat?

     
  81. mega

    February 8, 2011 at 1:00 pm

    saya berterimah kasih atas tips-tips nya terimah kasih banyaknya

     
  82. fly mey

    March 10, 2011 at 12:43 pm

    trimakcie moga manfaat amin

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      March 15, 2011 at 5:29 pm

      @fly mey:
      sama2..

       
      • puspadewi

        February 19, 2012 at 8:31 am

        boleh gg make masker sering-sering ?

         
      • Yetti Suci Budihastuti

        February 24, 2012 at 10:01 am

        @Puspadewi:

        Penggunaan masker memang tidak boleh sesering mungkin. Gunakan masker seminggu sekali, atau maksimal seminggu 2 kali. Baik itu untuk masker yang berbahan alami ataupun masker yang berbahan kimia (mungkin masker yang berbahan kimia cukup seminggu sekali).

         
  83. afend

    March 13, 2011 at 2:16 pm

    mbak yetti suci budihastuti,jerawat mu udah ilang lom? Kalo dah ilang,obat nya apa?

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      March 31, 2011 at 2:55 pm

      @afend:
      Alhamdulillah jerawat sudah berkurang. Obatnya? Ehm… Sabar dan menghindari yang bikin jerawat (read: alergi)…

       
  84. cici pranata

    April 7, 2011 at 10:21 am

    jerawat saya itu besar2,sakit,dan gatal.sudah berobat k berbagai dokter kulit d bdg.awalx sembuh tp,sll sjj ujung2x muncul lg.dan saya sudah mulai kehilangan kepercayaaan diri.mohon saranx

    terima kasih :'(

     
  85. cici pranata

    April 7, 2011 at 10:28 am

    mbak klo balasanx bs mbak kirim k e-mail sy ajj?nti qt bls2anx via e-mail ajj :)
    makasih sebelumx :)

     
  86. Shella

    April 8, 2011 at 2:58 pm

    Aku punya jerawat banyak dimuka, udah setahun lebih dan gak sembuh-sembuh, udah pake obat dari dokter gak sembuh, udah pake obat yang alami juga gak sembuh. Jerawatnya itu kecil-kecil dan banyak. Kira-kira gimana cara ngobatinnya ya? Aku udah hampir putus asa… :(

     
  87. nani sumarni

    April 8, 2011 at 5:26 pm

    salam hangat.buat emba.saya mau tanya kalau muka sering berminyak dan jerawatan kenapa ya?? soalnya saya sering pake ponds

     
  88. euis

    April 20, 2011 at 8:09 pm

    kalo di masker minimal berapa kali seminggu ya????

     
  89. feri

    May 8, 2011 at 7:58 pm

    sekedar sharing aja, pada dasarnya penyebab utama masalah jerawat bukanlah pada pemukaan kulit tetapi penyebab jerawat akibat dai adanya kesalahan pada kesehatan tubuh yang selama ini tidak terjaga,! memang jerawat kadang bisa ditangani dengan cara pengobatan topikal, tetapi hal ini hanyak vber efek sementara. nah untuk mengatasi jerawat lebih baik mulailah dari penyebab utamanya, untuk info jebih lanjut kunjungi Info jerawat

     
  90. RAMLAH

    May 14, 2011 at 7:41 am

    hemmmm, jerawat ku awalnya cie mirip biang keringat,,, tapi lama kelamaan koq jdi jerawat yang berisi nanah gtu….. hemmm perih lagi ngeganggu banget….. mdh2n tips dari kamu manjut dech… amieeeennn

     
  91. arsenal fans

    May 15, 2011 at 5:29 pm

    tanks for information

     
  92. feri

    May 22, 2011 at 4:57 pm

    wah informasinya menarik sekalai. saya juga ingin berbagi informasi mengenai jerawat,,, dan bagaimana cara mengatasinya secara alami, silahkan kunjungi alamtnya http://info-jerawat.blogspot.com/2011/05/cara-alami-mengatasi-jerawat.html

     
  93. adi

    June 14, 2011 at 2:10 pm

    mksh informasi ny smg mmbntu

     
  94. erna

    July 18, 2011 at 7:11 pm

    aq pake kentang,,,malah jerawatq makin banyak….gmana tuch gan ??????????? padahal aq udh berfikir phositif thinking,,,,n mencoba segala cara,,, tetap z jerawatnya bandel, gak mao hilang…

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      December 21, 2011 at 9:56 am

      @erna:

      Mungkin Mbak Erna perlu lebih memperhatikan kebersihan wajah. Jangan lupa membersihkan wajah setelah beraktifitas dan sebelum tidur. Juga ada baiknya juga Mbak Erna memperhatikan apa yang Mbak Erna makan. Misalnya Mbak Erna alergi makan telur, yang kalau dimakan akan menyebabkan jerawatnya tumbuh. Juga perlu manajemen stress :-)
      Karena, disadari atau tidak, stress pun bisa menyebabkan jerawat lho Mbak Erna.

      Semoga bermanfaat.

       
  95. Rendy Rizaldy

    September 2, 2011 at 2:30 pm

    Klo aku pakek ACNESS yang sealing tpi kog tmbah parah ya gan…????

     
  96. tatar_adi

    December 20, 2011 at 8:43 pm

    Maksih sob atas infonya..
    tulisan ini sangat membantu pemula seperti saya,

     
  97. Novi

    December 24, 2011 at 2:46 pm

    Da 1 jrwat brnnah mncul d ppi kriQ,, snut2 bgt.. Tkut knp2..
    Sbaikny nyoba tips yg mna yh? efek sampingnya ap?
    Fcial bkin kulit muka Q stress,, kasian..

     
  98. Ayu.Abdulloh

    January 22, 2012 at 6:24 pm

    Makash yah. . .
    Atas tips’y. . .
    Smg aj cie ak cepet sembuh jerawat’y. .
    Bersh seperti doeloe

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      January 24, 2012 at 8:41 am

      @Ayu.Abdulloh:

      Aamiin… Sama2. Semoga bermanfaat ya tips2-nya… Juga smg jerawatnya segera berkurang & menghilang. InshaALLAH…
      :-)

       
  99. depot.pulsa-listrik

    January 26, 2012 at 7:59 am

    cocok banget buat kita2 yg tinggal di daerah tropis..

     
  100. mr.simple

    February 3, 2012 at 6:28 pm

    mogha ja bs..ngilngin beks jrawat qW niE,

     
  101. barbie

    February 19, 2012 at 8:34 am

    kalo hilangin jerawat yg kecil2 gmana yaw caranya ada bnyak di di pipiku jdi gg pd

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      February 24, 2012 at 9:59 am

      @Barbie:

      Untuk menghilangkan jerawat kecil2, pertama-tama kita harus menjaga kebersihan area yang terdapat jerawat kecil-kecil tersebut. Lalu, pastikan juga kita tidak memiliki alergi terhadap suatu makanan/produk tertentu (yang selama ini dikonsumsi), yang menimbulkan alergi pada diri kita.
      Kemudian, dapat menggunakan obat/produk untuk menghilangkan jerawat tersebut. Bisa dengan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran, obat dari dokter atau obat berbahan alami.

      Semoga sedikit membantu. :-)

       
  102. clarisa

    February 20, 2012 at 7:47 am

    apa ga ada efeknya kalau paakex masker yang diatas sedangkan uda pakex krim dari dokter?

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      February 24, 2012 at 9:54 am

      @Clarisa:

      InshaALLAH tidak ada efeknya. Karena masker yang digunakan adalah berbahan alami. :-)

       
  103. tummy

    March 3, 2012 at 12:21 am

    bgus nih tips-nya…
    memang jauh lebih repot dan prosesnya berkali-kali lipat lbh lama, tp insyAllah lbh aman…^^

     
  104. Indonesia furniture

    March 5, 2012 at 4:08 pm

    thanks atas infonya

     
  105. karimlarukulukaku

    March 6, 2012 at 8:57 am

    jerawat saya trmasuk parah,
    bagaimana cara ilangin bekas jerawat saya ini ?

     
  106. karimlarukulukaku

    March 6, 2012 at 8:59 am

    jerawat saya trmsuk parah
    bagaimana cara ilangin bekas jerawat saya yg paling manjur

     
  107. nenglis

    May 16, 2012 at 12:05 pm

    Jerawatku termasuk jerawat batu udah sekitar 6 tahunan. Aku dah bingung gimana cara nyembuhin jerawat aku. Trus waktu itu aku ke toko obat, trus aku tanya obat jerawat ditawarinnya acnes (yang gel). Karna muka aku paling sensitif dengan yang lengket-lengket jadi aku tanya obat lainnya. Akhirnya aku ditawarin acnol. Sekarang aku udah yang ketiga kali ini (3 kali beli) pake acnol. Gara-garanya pas nyoba yang pertama kalinya langsung manjur. Ampuh deh. Banyak temen-temen yang bilang ‘eh sekarang jerawat kamu bersihan deh’, so aku langganan deh pake acnol. Skrg aku udah ga ada jerawatnya tinggal bekas-bekasnya doang. Untuk ngilangin bekas jerawat sm yg bopeng bisa ga ya rutin pake acnol. Ato ada obat laen?

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      May 21, 2012 at 2:29 pm

      @nenglis:

      Berdasarkan pengalaman dan sepengetahuan saya, ACNOL hanya digunakan untuk mengobati jerawat, bukan untuk menghilangkan bekas2 jerawat.
      Untuk menghilangkan bekas2 jerawatnya, ada beberapa alternatif, yaitu:
      1. Ke dokter spesialis kulit
      2. Menggunakan bahan2 alami
      3. Menggunakan obat2 penghilang noda yang dijual bebas

      Nah… Anda bisa memilih mana yang lebih “sreg” :)

      Semoga sedikit membantu.

      Terima kasih

       
  108. chabax

    December 10, 2012 at 7:47 pm

    apa kbnyakan olhrga bisa tmbah bnyak juga jerawatny…??

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      December 18, 2012 at 2:30 pm

      Kebanyakan olahraga setahu saya tidak menyebabkan bertambahnya jerawat.
      hanya saja, jika olah raga, akan ada keringat yang dihasilkan. Jika keringat tersebut tidak dibersihkan dengan benar (dibiarkan kotor), maka kulit wajah yang tadinya tidak berjerawat, akan berpotensi jerawat.

      CMIIW

       
  109. mardiana

    September 2, 2013 at 5:51 pm

    gmana ya cra nglangn jerawat batu yg lg ada nanahnya. aku gk percya dri bnget kalw keluar rumah.Ap lg kalw d skolah aku slalu minder… bntu dong cranya gmana???

     
    • Yetti Suci Budihastuti

      September 3, 2013 at 9:07 am

      Mardiana,
      Saya akan mencoba membantu menjawabnya. Sebenarnya, pada dasarnya untuk kulit yang berjerawat, yang paling penting adalah pembersihannya/perawatannya. Maksudnya adalah, jika kulit/wajah kita berjerawat, kita harus rajin membersihkannya, tidak boleh malas.
      Cara membersihkannya, kalau saya biasanya:
      1. Bersihkan wajah dengan milk cleanser/oil cleansing.
      2. Hapus milk cleansing/oil cleansing dari wajah.
      3. Cuci wajah dengan facial foam/sabun wajah. (Busakan dulu sabung wajah di tangan baru diusapkan ke wajah dan jangan digosok terlalu keras).
      4. Bilas sisa sabun di wajah.
      5. Keringkan wajah dari sisa-sisa air, dengan handuk. (jangan digosok).
      6. segarkan dengan face toner.

      Untuk perawatannya, pastikan produk tersebut untuk wajah yang berjerawat ya.

      lalu, untuk jerawatnya, bisa diobati dengan mengoleskan produk yang mengandung tea tree oil atau sulfur atau tretinoin (misalnya Vitacid 0.025%). Khusus untuk penggunaan tretinoin, gunakan hanya pada malam hari.

      Semoga sedikit membantu jawaban saya ini.

      Terima kasih.

       
  110. khay

    September 25, 2013 at 12:47 pm

    mba sya udh coba berbagai produk tapi tetap saja jerawatan semenjak sya berhnti pake pemutihhh…sya udh stress dan malu sekali kalo kluar rumah tolong minta sarannya gimana mba???

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

%d bloggers like this: