RSS

[Ceritaku] Masa Lalu vs Masa Kini

24 Feb

Masa Lalu vs Masa KiniMasa lalu vs masa kini…

Masa lalu memang tidak mungkin bisa lepas dari setiap orang. Karena, setiap orang pasti mempunyai yang namanya “masa lalu”, dalam bentuk dan kejadian apapun. Tidak akan ada yang namanya “masa kini” tanpa ada yang namanya “masa lalu”. Betul begitu bukan?!

Seorang ustadzah pernah mengatakan, “Masa lalu itu akan selalu ada sampai kapanpun. Masa lalu letaknya ada di otak bagian belakang. Sedangkan kita memiliki mata yang letaknya di depan. Masa lalu itu bukan untuk selalu dilihat, bukan pula untuk dijadikan patokan. Lihatlah masa kini dengan mata (yang letaknya di depan).

Intinya, jangan jadikan masa lalu itu sebagai patokan baku apa yang pasti akan terjadi di masa kini. Memang masa lalu itu bagian dari apa yang terjadi di masa kini. Tetapi, itu hanya bagian, bukan penentu mutlak.

Ada sebagian orang yang menganggap bahwa masa lalu adalah masa lalu, yang tidak perlu lagi dibahas ataupun diingat-ingat. Biarlah masa lalu itu menjadi pelajaran yang berharga untuk kita, bukan sebagai penentu dan penghambat masa kini. Sebagian orang ini tidak akan mempermasalahkan bagaimana masa lalu seseorang. Bagi mereka, “masa lalu” adalah masa lalu dan “masa kini” adalah masa kini.

Tetapi, ada juga sebagian orang yang menganggap bahwa masa lalu dan masa kini itu saling berkaitan. Apa yang terjadi di masa kini sudah pasti ada hubungannya dengan masa lalu. Hubungan yang sangat erat, yang tak bisa dipisahkan. Dan sebagian orang ini akan sangat mempermasalahkan masa lalu seseorang sampai kapan pun.

Untuk saya sendiri, saya lebih memilih “Biarlah masa lalu itu ada di tempatnya. Jangan diusik. Biarkanlah masa lalu itu ada di sana untuk dijadikan kenangan dan cermin saja, bukan untuk diungkit-ungkit lagi. Biarlah masa kini menjadi masa kini tanpa ada campur tangan dari masa lalu”.🙂

Bukankah jika ada orang yang memiliki masa lalu (misalnya masa lalu yang kurang baik – dalam hal apapun) lalu kini seseorang itu ingin menjadi lebih baik, yang perlu kita lihat adalah bagaimana usaha orang tersebut untuk menjadi lebih baik untuk masa kini dan tentunya masa kini orang tersebut bukan?! Bukannya masa lalu orang itu yang selalu dipermasalahkan. Well… Itulah menurut saya.🙂

CMIIW

So… How about you, guys?


* Surabaya, Pebruari 2011.

Ketika masa lalu dan masa kini selalu diperdebatkan *

 
Leave a comment

Posted by on February 24, 2011 in Ceritaku

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: