RSS

[Curhatku] Berbaur, tapi…

12 Oct

Friendship is great.

Saya rasa tak seorangpun akan menyatakan ketidaksetujuannya terhadap kalimat itu. Yah… Berteman itu menyenangkan. Menjalin persahabatan itu bagus. Great. Fun. Pastinya setiap orang akan memiliki jawaban masing-masing jika ditanya mengenai alasan why-friendship-is-great.

Oke… Saya tidak akan membahas mengenai apa alasan saya berteman atau bersahabat dengan seseorang. Ataupun malah membahas alasan-alasan orang lain. Totally no!!!

Saya hanya ingin menuangkan apa yang ada di dalam pikiran saya mengenai pertemanan atau persahabatan itu (baiklah, di sini akan saya sebut PERSAHABATAN saja biar lebih enak yach :) – ye).

Bagi saya, bersahabat itu adalah kita bisa saling berbagi suka dan duka kepada seorang (atau mungkin saja lebih) teman (well… let’s say SAHABATye). Tapi… sekali lagi tapi, ada batasannya juga. Maksud saya batasan di sini adalah, jika seorang sahabat itu tidak ingin berbagi cerita kepada saya… fine. I won’t push them. Begitu juga jika mereka ingin berbagi cerita kepada saya. Saya akan bersedia mendengarkannya. Baik itu suka maupun duka. Jika suka, then I will be happy for them too. Jika itu duka, they know they have my shoulder to cry on.

Mungkin saya bukan pemberi solusi yang baik, tetapi, saya adalah pendengar yang hebat. That’s what I said to them.🙂

Kembali lagi ke masalah berbagi cerita. Berbagi cerita kepada sahabat, saya rasa juga harus ada filternya lah. Mana-mana yang bisa diceritakan, dan mana-mana yang lebih baik keep-it-for-myself.

Bersahabat juga tak berarti saya menutup diri untuk bersahabat dengan yang lain khan? Tak berarti juga saya meng-exclusive-kan diri saya dan sahabat saya, lalu don’t-care dengan yang lain. Tak berarti saya juga harus mengajak orang lain agar bersahabat dengan saya. Hey… Itu hak mereka lho untuk memilih bersahabat dengan saya atau tidak.

Juga tak berarti bahwa saya harus seperti sahabat saya. Misalnya, sahabat saya adalah orang yang “rame”, lalu saya juga ikut-ikutan menjadi orang yang rame (padahal saya sendiri bukan orang yang seperti itu😀 – ye). Atau, misalnya sahabat saya tidak menyukai seseorang, dan dia bercerita kepada saya, lalu saya ikut-ikutan tidak menyukai orang lain itu. Totally no!!!

Atau misalnya mencampuri urusan pribadi sahabat saya. Hohohohoho. Big NO-NO for me!

Bagaimana pun, sahabat dan saya adalah pribadi yang berbeda. Sahabat adalah (tetaplah) orang lain, yang memiliki hati dan pikiran sendiri. Mungkin saja sahabat akan meminta pendapat atau saran saya. Jika saya bisa, saya akan berikan. Tetapi, ya sudah. Hanya sebatas itu. Jika sahabat mendengarkan pendapat saya, ALHAMDULILLAH. Kalaupun tidak, it’s OK! No hard-feeling for me. Jika sahabat mempertimbangkan (atau mungkin melaksanakan) saran saya, ALHAMDULILLAH. Kalaupun tidak, heyOnce again, it’s OK for me. Saya juga tidak akan merasa tersinggung ataupun sakit hati.

Berbaur tapi tak lebur

Itu yang pernah dikatakan seorang sahabat kepada saya. Yah… saya setuju dengan kata-katanya itu (sangat – ye). Menurut sahabat saya itu, kita bersahabat dengan semua orang yang kita inginkan, tapi, jangan sampai kita lebur ke dalamnya. Lebur di sini bisa diartikan sebagai masuk-terlalu-dalam-ke-dalam-kehidupan-pribadi-orang-lain.

Begitu juga untuk permasalahan dalam persahabatan. Memiliki permasalahan dalam persahabatan, miscommunication, atau misunderstanding, itu adalah biasa dalam persahabatan. Betul khan?! Bagi saya, untuk permasalahan yang lalu-lalu, ya sudah. That’s it!!!  Enough!!! Tak usah lah diungkit-ungkit lagi sekarang. Apalagi dijadikan “senjata” untuk “menyerang” orang lain yang bermasalah dengan saya (misalnya – ye).

Mengutip pernyataan dari seorang sahabat,

Why don’t we just let go and forget

(CMIIW ya Ka kalau salah kutip😀 – ye).

 
Leave a comment

Posted by on October 12, 2011 in Curhatku

 

Tags: ,

Leave a Reply

 
