RSS

[Resepku] Cireng Kenyal Mantap

26 Sep

Kali ini, saya ingin berbagi hasil eksperimen saya dalam membuat camilan. Ini terjadi pada saat sore hari, di hari Minggu yang mendung, entah mengapa mulut terasa ingin mengunyah sesuatu. Akhirnya, beranjaklah saya ke dapur untuk membuat camilan.

Tengak-tengok kanan-kiri, akhirnya mata tertambat pada sebungkus teung Tapioka.

Aha!!! Cireng aja dech…”, pikir saya saat itu.

Dan inilah resepnya…

Bahan-bahan:

  • Tepung kanji/tapioka (kemarin saya menggunakan sekitar 250 gram)
  • Bawang putih (kemarin saya menggunakan 3 butir bawang putih berukuran yang cukup besar)
  • Daun bawang (sesuai selera)
  • Garam
  • Merica
  • Santan (saya menggunakan santan Kara 1 bungkus kecil)
  • Air putih (kemarin saya menggunakan sekitar 350 mL)

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang putih.
  2. Rajang halus daun bawang.
  3. Panaskan air putih hingga mendidih.
  4. Masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, daun bawang yang telah dirajang, garam, merica, dan tak lupa santan.
  5. Aduk-aduk hingga tercampur semua. Matikan api.
  6. Di wadah terpisah, siapkan tepung kanji. Masukkan air panas (yang sudah dicampur dengan bumbu-bumbu tadi).
  7. Aduk-aduk hingga mengental.
  8. Panaskan wajan dan beri minyak goreng. Gunakan api sedang saja ya.
  9. Setelah minyak cukup panas, goreng adonan cireng tadi.
  10. Setelah cireng berwarna putih kecokelatan sedikit, angkat.

Catatan:

  • Jika suka, boleh ditambahkan bumbu penyedap/kaldu instan. Rasanya akan lebih gurih.
  • Pada saat menggoreng, waktu penggorengannya tidak terlalu lama. Dalam sekali penggorengan, saya hanya memerlukan waktu +/- 5 menit.
  • Pada saat penyajian, cireng dapat dimakan menggunakan saus rujak. (Resep saus rujaknya saya upload lain waktu ya J).
  • Mengapa saya menggunakan air panas yang baru mendidih? Karena, setelah saya mencoba berkali-kali, tekstur cireng yang saya suka – kenyal-kenyal – hanya dapat diperoleh dengan menambahkan air panas tersebut.
  • Saya juga tidak menambahkan tepung terigu, seperti biasanya. Karena, jika saya menambahkan tepung terigu, hasilnya menjadi terlalu padat dan sedikit keras ketika sudah digoreng.

 

Aaaannnddd

Pada saat cireng sudah matang, hangat-hangat… Langsung ludes dech dimakan para penghuni rumah. Hehehehe…

Oia… Gambar cireng hasil eksperimen saya, saya upload menyusul ya. Kemarin tak sempat untuk mengambil gambarnya.

 
Leave a comment

Posted by on September 26, 2016 in Resepku

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

 
